PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh Universitas PGRI Yogyakarta pada tahun 2007 atas izin penyelenggaraan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas Nomor. 1514/D/T/2007 tanggal 22 Juni 2007. Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta berlokasi di Jl. PGRI I Sonosewu No. 117 PO BOX 1123 Yogyakarta.

TENTANG PPS UPY

Gedung Pusat Universitas PGRI YogyakartaProgram Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta memiliki program Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Diharapkan Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta dapat mendidik mahasiswa menjadi magister pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, cerdas dan terampil, berkepribadian yang mantap dan mandiri, kreatif dan inovatif, profesional, memiliki komitmen nasional yang tinggi, dan berwawasan global.

Hingga saat ini, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta telah meluluskan magister-magister berprestasi di bidangnya.

 

DASAR PENYELENGGARAAN

  1. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas  No.1514/D/T/2007 tanggal 22 Juni 2007, perihal : Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPS (S2) pada UPY.
  2. Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta. No. 3358/D/T/K-5/2009 tanggal 1 September 2009 perihal Perpanjangan Ulang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan IPS (S2) pada UPY
  3. Status : Terakreditasi  B berdasarkan Keputusan BAN PT. No. 008/BAN-PT Ak-SURV 1/S2/XII/2010 tanggal 17 Desember 2010

VISI PIPS PPS UPY

Pada tahun 2030 menjadi Program Magister Pendidikan (S2) yang unggul dan mampu berkompetisi dalam mengembangkan sumber daya manusia di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang memiliki kompetensi sosial budaya, dan mampu berperan serta  dalam memecahkan masalah sosial, baik yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.

MISI PIPS PPS UPY

  1. Mengembangkan tatakelola kelembagaan yang efektif, efisien, demokratis, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan organisasi yang sehat, otonom, dan mempunyai daya saing yang tinggi;
  2. Mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya yang dimiliki untuk mendukung:
    • penyelenggaraan pendidikan akademik bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial agar menghasilkan lulusan yang bertaqwa, kompetitif, profesional, memiliki komitmen nasional, berwawasan global
    • penyelenggaraan kegiatan penelitian untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
    • penyelenggaraan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia.

TUJUAN

Mendidik mahasiswa Program Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, cerdas dan terampil, berkepribadian yang mantap dan mandiri, kreatif dan inovatif, profesional, memiliki komitmen nasional yang tinggi, dan berwawasan global.