BERITA DAN PENGUMUMAN

Berikut kumpulan artikel, berita dan pengumuman seputar update terbaru di Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta. Baik informasi internal untuk mahasiswa maupun umum.

PPS UPY Akan Buka Prodi S2 PGSD

Hasil keputusan kebijakan lembaga Universitas PGRI Yogyakarta merencanakan untuk membuka program studi baru S2 PGSD di PPS UPY. Keputusan ini memberikan sinyalemen bahwa prodi Magister PGSD masih sangat diminati oleh masyarakat. Dr. Sunarti, M. Pd selaku Direktur PPS UPY mulai membentuk kepanitian perencanaan pendirian program studi baru S2 PGSD di PPS UPY. Kepanitiaan tersebut akan dipelopori oleh beberapa Dosen Pascasarjana UPY diantaranya adalah: Drs. John Sabari, M. Si, Dr, Salamah, M. Pd, Dr. Elsa Putri E, Sy, M. Pd, Muhammad Iqbal Birsyada dan Septian Aji Permana, M. Pd. Kepanitaan ini dibantu oleh 1 Admin yaitu Sumardi, S. Pd. Pada bula ini Tim segera akan merampungkan berkas-berkas pengajuan prodi baru S2 PGSD. Iqbal salah satu tim pembukaan prodi baru ini mengungkapkan bahwasanya pembukaan prodi baru ini adalah sebuah bukti nyata dari UPY untuk selalu melayani pendidikan masyarakat sebagai salah satu konsekuensi lembaga Perguruan Tinggi yang berfokus pada pendidikan. UPY adalah Perguruan Tinggi di DIY Yogyakarta yang siap mengantarkan lulusan menuju gerbang kompetisi masa depan.

Pendaftaran Semester Ganjil dan Genap Tahun Akademik 2015/2016

Universitas PGRI Yogyakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2014/2015. Adapun waktu pendaftaran dilaksanakan pada 1 Oktober 2014-25 Februari 2015. Hasil seleksi Administrasi calon mahasiswa diumumkan pada tanggal 28 Februari 2015. Sedangkan untuk pendaftaran semester ganjil tahun akademik 2015/2016 diselenggarakn pada 1 April-30 Agustus 2015 dan hasil seleksi akan diumumkan pada 5 September 2015. Syarat-syarat bagi calon mahasiswa sebagai berikut 1. Membayar uang pendaftaran Rp. 250.000,- 2. Mengisi formulir pendaftaran dan menzah S1 dan transkrip nilai dilegalisiryerahkan kembali dengan disertai persyaratan administrasi lain 3. Fotocopy ijazah S1 dan transkrip nilai yang dilegalisir 4. Pas foto 3x4 (4 lembar) dan 2x3 (4 lembar) 5. Fotocopy KTP (2 lembar) 6. Surat keterangan dokter, yang menyertakan bahwa calon mahasiswa sehat untuk mengikuti pendidikan Program Pascasarjana.

Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan IPS Universitas PGRI Yogyakarta

Bertepatan pada 23 Agustus 2014 mulai pukul 08.00-15.00 WIB Mahasiswa Program Pascasarjana Program Studi IPS Universitas PGRI Yogyakarta semester 3 menyelenggarakan Ujian Komprehensif. Ujian ini adalah sebagai ujian pamungkas sebelum mahasiswa akan melaksanakan penelitian Tesis. Adapun yang diujikan adalah seluruh teori mata kuliah yang selama ini di ambil oleh mahasiswa terutama yang berhubungan dengan kependidikan IPS. Diharapkan setelah ujian ini, mahasiswa dapat membuat dan menyelesaikan tesis dengan lancar sesuai target kurikulum dari PIPS UPY. Jumlah mahasiswa yang menyelenggarakan ujian teori komprehensif adalah sebanyak 32 mahasiswa. Setelah ujian teori komprehensif rencananya akan dilanjutkan dengan wawancara seputar metodologi penelitian. Hal ini sebagai upaya untuk mengetahui persiapan mahasiswa yang akan membuat penelitian Tesis. Diunggah oleh Muhammad Iqbal Birsyada

Mahasiswa S2 Universitas PGRI Yogyakarta Menggali Budaya di Kampung Naga

Sebanyak 63 mahasiswa Program Pascasarjana S2 Program Studi PIPS Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) pada hari Jumat s/d Minggu, 23 – 25 Mei 2014 mengadakan kajian budaya ke Kampung Naga Tasikmalaya, Jawa Barat. Tujuan diadakannya Studi tentang kajian budaya tersebut adalah untuk menambah khasanah keilmuan bagi mahasiswa program studi PIPS Universitas PGRI Yogyakarta, dan sebagai tambahan pengetahuan bagi para mahasiswa walaupun negeri ini sudah banyak terpengaruh dengan budaya luar akan tetapi masih ada masyarakat yang bepegang teguh terahadap nilai-nilai kebudayaan yang ada di daerahnya.

Layanan Informasi Seputar PPS UPY Yogyakarta

Layanan seputar informasi akademik PPS UPY Yogyakarta dapat di akses langsung lewat nomor telp. (0274)418077, 37808, Fax 90274,376808 atau datang langsung ke Kampus alamat JL. PGRI Sonosewu No.117 Yogyakarta-55182. Webset: http//pps.upy.ac.id

Jadwal Ujian Akhir Semester Genap PPS UPY Yogyakarta

Program Pascasarjana UPY Yogyakarta akan melaksanaklan Ujian Akhir Semester Genap pada Program Studi PIPS dari tanggal 16 Juni hingga 24 Juni 2014. Oleh karena itu PPS UPY Yogyakarta telah mempersiapkan untuk kelancaran proses Ujian tersebut. Bagi mahasiswa yang merasa belum mengumpulkan tugas-tugas mata kuliah sebelumnya mohon segera menghubungi Dosen pengampu mata kuliah agar selanjutnya dapat segera di proses nilainya.

PPS UPY Yogyakarta Siap bersaing Di Tingkat Internasional

Program Pascasarjana UPY Yogyakarta siap bersaing dikompetensi Global pada tahun 2030 demikian disampaikan oleh Sunarti sebagai Direktur Pascasarjana UPY Yogyakarta siang 2 Juni di rapat koordinasi persiapan pembahasan penelaahan bahan-bahan terkait borang Akreditas prodi di PPS UPY Yogyakarta. Senada dengan hal itu John Sabari sebagai ketua Prodi IPS juga menegaskan jika pada Tahun 2030 lulusan program studi IPS PPS UPY Yogyakarta siap berkompetensi di tingkat internasional. Oleh karena itu kini pihak jajaran akademik bersiap-siap menyongsong penguatan SDM baik dari tenaga pengajar maupun penguatan output lulusan dari PPS UPY Yogyakarta. Senada hal itu, Muhammad Iqbal Birsyada mengatakan bahwa sesuai moto UPY Yogyakarta sebagai Gerbang Kompetisi Masa Depan maka sudah sepatutnya dan seharusnya untuk menunjukkan kiprah akademiknya pada masyarakat. UPY PGRI akan selalu melakukan inovasi dan pencerahan pada masyarakat hingga Global jika lembaga ini sangat konsen dan berkomitmen membangun bangsa dengan menyiapkan output lulusanya yang siap terjun dan berkompetisi baik nasional hingga internasional.

PPS UPY Yogyakarta Siap Godok Jurnal Ilmiah Nasional Berbasis Penelitian Sosial dan Kependidikan

Dalam diskusi internal di Prodi IPS Pascasarjana UPY Yogyakarta 2 Juni 2014. Penanggungjawab untuk penerbitan jurnal ilmiah nasional PPS UPY Yogyakarta menggagas jika jurnal pada PPS UPY rencanaya akan dibuat bertajuk penelitian kependidikan dan penelitian sosial. Penanggungjawab penerbitan jurnal ilmiah Sosialita PPS UPY Yogyakarta Elsa Putri Ermisah Syafril mengatakan jika Jurnal ilmiah Prodi IPS PPS UPY Yogyakarta harus menjadi nilai unggulan bagi program studi sebagai kekuatan keunggulan akademik sebagai lembaga yang selalu menyebarluaskan hasil penelitian dan pemikiran inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Senada dengan hal itu, Muhammad Iqbal Birsyada selaku Dosen Prodi IPS PPS UPY Yogyakarta berkeyakinan jika masyarakat sangat membutuhkan pencerahan dari hasil karya penelitian akademisi untuk dapat dimanfaatkan langsung oleh mereka. Disinilah kekuatan kampus sebagai lembaga akademik yang dapat memberikan pemecahan permasalahan masyarakat.

PPS UPY Yogyakarta Siap Di Internasionalkan

Pada tanggal 2 Juni pukul 12.30-14.30 seluruh jajaran pejabat struktural dan Dosen Program Pascasarjana UPY Yogyakarta menyelenggarakan rapat koordinasi review dan evaluasi perihal persiapan akreditasi program studi IPS Pascasarjana UPY Yogyakarta.

Pembekalan Kuliah Lapangan PPS IPS UPY Yogyakarta

Pada tanggal 23-26 Mei Program Pascasarjana Program Studi IPS telah mengadakan program kuliah lapangan dengan tujuan objek Pesantren Suralaya dan Kajian Sosial di Kampung Naga Bandung. Oleh karena itu diperlukan pengarahan penyusunan laporan PKL mahasiswa program pascasarjana prodi IPS yang akan di bimbing dari 28 Mei-26 Juni. Laporan selesai pada tanggal 28 Juni harus telah terkumpul semua.

Format Laporan PKL PROGRAM MAGISTER PIPS UPY TAHUN 2014

Pada tanggal 23-26 Juni 2014 Program Magister PIPS PPS UPY telah melaksanakan Program Kuliah Lapangan (PKL). PKL diikuti oleh semua mahasiswa angkatan 2013/2014 berjumlah 60 mahasiswa dengan didampungi oleh 3 orang dosen pembimbing dan 1 orang staf administrasi.