PROSEDUR REKRUTMEN MAHASISWA

Setiap semester Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta membuka penerimaan mahasiswa baru. Calon-calon mahasiswa yang telah mendaftar akan melalui proses seleksi. Tes seleksi dapat berupa tes wawancara, portfolio atau bentuk lain. Hasil seleksi calon mahasiswa akan diumumkan dengan Surat Keputusan Direktur tentang calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi.

ADMISI

Setiap semester Program Pascasarjana Universitas PGRI Yogyakarta membuka penerimaan mahasiswa baru dengan persyaratan sebagai berikut :

  1. Sarjana (S1) sesuai dengan bidangnya dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2,75 atau 2.50 bagi calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman bekerja yang sesuai dengan bidangnya.
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir.
  3. Surat rekomendasi dari atasan dan atau mantan pembimbing skripsi bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan akademik, karakter, dan kepribadianyang baik.
  4. Surat keterangan Dokter yang menyatakan bahwa calon mahasiswa sehat untuk mengikuti pendidikan Program Pascasarjana.
  5. Surat izin Rektor/Kopertis/Kepala Sekolah/Kepala Dinas atau atasan langsung bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja.
  6. Surat keterangan tentang kepastian sumber biaya.
  7. Pasfoto berwarna terbari ukuran 3 x 4 dan 4 x 6 masing-masing 2 buah.
  8. Membayar uang pendaftaran atau uang seleksi.
  9. Lulus ujian masuk.


Pola Seleksi

Seleksi dilaksanakan di kampus Universitas PGRI Yogyakarta. Seleksi berbentuk tes wawancara dan portfolio, atau bentuk lain. Seleksi dilaksanakan oleh tim yang akan ditugaskan oleh Direktur Program Pascasarjan Universitas PGRI Yogyakarta. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan dengan Surat Keputusan Direktur tentang calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi.

Hasil Seleksi

Hasil seleksi ditentukan berdasarkan peringkat nilai yang dicapai oleh tiap-tiap mahasiswa, dengan mempertimbangkan daya tampung, Pengumuman hasil seleksi dikirim ke alamat tiap-tiap calon mahasiswa secara individual, dan diumumkan di Kampus Universitas PGRI.

Pendaftaran Ulang

Pendaftaran ulang harus dilaksanakan oleh semua mahasiswa PPS Universitas PGRI Yogyakarta tiap awal semester. Untuk dapat melakukan pendaftaran ulang mahasiswa harus memperoleh persetujuan dari dosen penasehat akademik mengenai jumlah mata kuliah yang akan diambil pada semester yang bersangkutan.